Tuesday 16 May 2017

Membuat Form Pendaftaran Siswa Baru Online

Menjelang tahun pelajaran baru, banyak sekoah yang mulai mempersiapkan perangkat untuk penerimaan siswa baru. Untuk sekolah yang berniat melaksakan pendaftaran secara online memiliki beberapa pilihan antara lain dengan membeli aplikasi pendaftaran dari programmer. Tapi jika ingin memaksimalkan potensi sumber daya insani yang dimiliki sekolah bisa memanfaatkan tenaga yang ada untuk belajar membuat form pendaftaran secara mandiri.

Jika kebutuhan untuk pendaftaran tidak terlalu berat anda bisa membuat sendiri form pendaftaran siswa baru dengan memanfaatkan fasisitas Form Drive Google. Cara ini cukup efektif untuk merekam data pendaftar dan admin bisa langsung mengolah data dari pendaftar.

Drive google sebenarnya adalah fasilitas yang diberikan oleh google untuk menyimpan dokumen anda dan gratis sampai dengan 15 Gb. Lumayanlah untuk menyimpan file dan dokumen lainnya.
Disamping itu juga menyediakan fasilitas google docs, google sheets, google slide dll.

Salah satu fasilitas yang bisa kita gunakan dalam keperluan ini ada Google Form.


 Membuat Form Pendaftaran Siswa Baru Online dengan Goggle Form

  1. Untuk membuat Form Pendaftaran tentu saja anda harus memiliki akun @gmail.com, jika belum memiliki silakan daftar dulu.
  2. Jika sudah memiliki, silakan login/masuk ke akun gmail anda, selanjutnya silakan buka http://drive.google.com
  3. Setelah berada pada area My drive, klik New/Baru, More/Lainnya, dan pilih Google Form/Google Formulir
  4. Pada tampilan Question/Pertanyaan isikan judul Form dengan mengganti tulisan Untitled form/Formulir Tanpa Judul dengan Formulir Pendaftaran Siswa Baru. Untuk judul silakan sesuai keinginan anda.
  5. Pada bagian Form Discription isi penjelsan singkat tentang petunjuk pengisian (jika diperlukan)
  6. Selanjutnya kita bisa mulai membuat pertanyaan dalam formulir, pada Untitle Questian anda bisa isikan Nomor Pendaftaran dan untuk jawaban ada bererapa pilihan, yaitu Short Answere ( untuk kolom jawaban pendek), Paragraph ( untuk jawaban panjang), Multiple Choice jika anda memberikan pilihan jawaban, Checkboxer, jika pilihan jawaban lebih dari satu jawaban, serta pilihan lainnya. Untuk keperluan pertanyaan ini silakan gunakan Shot Answere.
  7. Berikutnya aktifkan ketentuan Wajib Diisi/ Reqiured , artinya kolom tersebut wajib diisi, jika pendaftar tidak mengisi, maka data tidak akan bisa direkam.
  8. Untuk membuat pertanyaan berikutnya klik Add Question (gambar bulatan berisi tanda plus) di bagian kanan. Anda bisa memberikan pertanyaan untuk Nama Lengkap dengan kolom jawaban Paragraph ( agar jika namanya panjang , akan nampak dalam kolom).Pertanyaan ini jika wajib dijawab.
  9. Tambahkan lagi pertanyaan lain yaitu Tempat Lahir, dengan jawaban Short Answere. Wajib diisi.
  10. Tambahkan lagi pertanyaan Tanggal Lahir, pilih jiawaban dengan Date/Tanggal. Wajib Diisi.
  11. Demikian seterusnya, buatlah beberapa pertanyaan yang diperlukan seperti , Alamat, Asal Sekolah, Nama Ayah, No HP, No Ujian SMP dll. Caranya sama seperti di atas.
  12. Untuk memberikan Tambahan Informasi mengenai pertanyaan berikutnya anda bisa memberikannya dengan fasilitas Add Title and discription. Di bawahnya anda bisa menambahkan lagi pertanyaan lain.

Untuk melihat pra tampilan formulir anda bisa klik Preview (gambar mata) di bagian kanan atas.
Jika sudah sesuai anda sekarang bisa mengirim format untuk bisa disematkan pada halaman situs blog atau situs sekolah caranya :
  • Klik Send/Kirim di bagian pojok kanan atas
  • Pada tampilan Send Form, klik embed ( <> ), selanjutnya klik Copy embed htmlnya, dan letakkan pada halaman situs anda.
  •  Untuk melihat hasil isian klik Responses, dan klik Create Spreedsheet ( gambar berwarna hijau). Pada tampilan Select respone Destination, langsung klik Create. Dengan demikian nanti untuk melihat hasil pendaftaran anda cukup masuk ke Drivegoogle kemudian buka google Spreedsheet (Responses) , maka data pendaftaran akan bisa dilihat.

Demikian info dulu ya.. kalau ada pertanyaan anda bisa komen.




2 comments:

  1. video panduannya bisa lihat di https://www.youtube.com/watch?v=rSRNFE5hFnc

    ReplyDelete
  2. Are you seeking to ways to accrue level of popularity instantly? You just will need to Buy Facebook Followers to get well known online. boost fb followers

    ReplyDelete

Popular Posts